Cara Flash Bios Menggunakan Eprom TVP2589U+


 


Dalam dunia service laptop flash bios bukanlah hal yang baru,karna beberapa tahun belakangan ini banyak sekali permasalahan  laptop yang disebabkan oleh kerusakan pada bios baik itu kerusakan pada ic ataupun file bios rusak.
Nah dalam kesempatan ini saya tidak akan menjelasakan diskripsi bios itu sendiri karna secara garis besar semua teknisi faham betul apa itu ic bios.
Dalam hal menulis ulang file dalam dalam ic bios ( flash) ada beberapa eprom programer yang bisa digunakan, tetapi dalam kesempatan ini saya akan memakai contoh eprom TVP2589U+.
Silahkan disimak .
Setelah driver EZP terinstal dengan benar klik icon EZP di desktop maka akan muncul tampilan seperti gambar  no 1
Gambar No 1
Gambar 1
Perhatikan kambar pojok kanan bawah..Pastikan USB LINK OK..berarti driver yang anda instal telah benar.Selanjutnya klik menu “Detect” makan akan muncul layout seperti di gambar  no 2  dimana EZP mengenali Tipe,Seri,Merek dan Size Bios.
Gambar 2
Gambar 2
Selanjutanya klik menu “Read “seperti gambar no 3 untuk membaca isi file bios sebagai bahan perbandingan saat anda akan mengisi file bios baru.
Gambar 3
Gambar 3
Selanjutnya klik menu  “Save” seperi gambar no 4  untuk membackup file asli sebagai  antisipasi bila file bios baru yang akan kita masukan mengalami kegagalan akibat perbedaan versi  atupun seri laptop itu sendiri
Gambar no 4
Gambar 4
Selanjutnya untuk proses flash fie bios baru klik menu “Load” pilih file bios baru yang ingin kita masukan dari direktori penyimpanan yang telah anda copy atau download sebelumnya.

 

Selanjutnya klik menu  Auto dimana eprom akan melakukan proses penghapusan  dan penulisan file bios baru  secara otomatis seperti tampak dalam gambar no 5 dan  bila memang tidak ada kesalahan dalam pemilihan file dan ukuran file bios maka proses Flasing akan berhasil 100 %
Gambar no 5
Gambar 5

Dibawah ini “report Error” yang mungkin muncul saat proses flash bios.
No Programmer link to Computer !– >>  Cek koneksi kabel USB atau driver yang tidak terinstal secara benar
Detect Chip Error !– >>  Cek kaki IC bios apakah sudah terpasanng dengan benar atau kemungkin ic bios rusak ( pastikan kaki bios bersih dari bekas fluk )
File is too long ! — >> File bios terlalu/lebih  besar dari ic bios..contoh ic bios yang berkapasitas 1 MB tdak dapat menerima file bios yang berukuran 2 MB atau lebih besar
Catatan
Hampir sebagian besar bios laptop menggunakan jenis file BIN.ROM jadi kita  memilki file berupa a exe bisa di  convert dulu dengan program Software Extract Bios
Backup file bios dari laptop yang masih menyala dapat dilakukan dengan program Universal Bios Backup
Update Firmware Eprom secara berkala agar dapat mengenali  lebih banyak jenis, merek atoun seri ic bios baru

About these ads
This entry was posted in Tutorial. Bookmark the permalink.

One Response to Cara Flash Bios Menggunakan Eprom TVP2589U+

  1. arm says:

    nice..
    tks very much

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s